Angka Bunuh Diri Veteran Militer AS Makin Tinggi


Beberapa penelitian di Amerika Serikat menunjukkan angka bunuh diri veteran militer negeri paman sam itu semakin tinggi. Penelitian itu juga mengungkapkan bahwa penyebab peningkatan angka bunuh diri, selain resesi ekonomi, adalah trauma peperangan di Irak dan Afghanistan.

"Ini diperparah oleh depresi, trauma menyusul operasi militer saat ini, di mana kita memiliki militer jauh lebih kecil dan diminta untuk melakukan begitu banyak tugas dan kemudian mengulangi tugas militer setelah selesai bertugas," kata Menteri Urusan Veteran Eric Shinseki, "saya tahu angka bunuh diri semakin meningkat."

Pada Januari lalu, 20 persen dari sekitar 30.000 kasus bunuh diri di AS setiap tahun dilakukan oleh veteran perang. Ini berarti dalam sehari rata-rata terdapat 18 veteran yang bunuh diri.

Menurut Pentagon, peningkatan angka bunuh diri veteran militer AS pada tahun 2009 mencapai 15 % dibandingkan tahun sebelumnya. Pada tahun 2008 tercatat 'hanya' 267 kasus bunuh diri lalu meningkat menjadi 309 kasus pada tahun 2009.

Sementara jumlah bunuh diri antara tahun 2005 dan 2009, dilaporkan 1.100, melebihi jumlah anggota militer AS yang tewas dalam perang Afghanistan sejak perang itu dimulai pada tahun 2001 lalu. [AN/erm-prtv]

0 komentar:

Post a Comment

terimakasih atas komentar dan kunjungan anda.