STRUKTUR ARTIKEL ILMIAH (POLA IMRD)

Artikel ilmiah menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dapat diartikan sebagai karya tulis lengkap. Misalnya laporan berita atau essai dalam majalah atau surat kabar.
Artikel ilmiah menurut Ilmu Pengetahuan adalah artikel yang memenuhi kaidah ilmu pengetahuan. Misalnya artikel yang bertema seni dan budaya.
Artikel imiah juga dapat diartikan sebagai hasil berpikir ilmiah yang didasarkan pada rencana yang relatif matang karena akan memudahkan penulis untuk mewujudkan teks artikel.


Selain itu, artikel juga merupakan suatu representasi hasil pemikiran penulis atau suatu obyek kajian kepada pembaca melalui bahasa tulis dengan mengikuti sistematika dan kaidah penulisan ilmiah.

Artikel ilmiah merupakan tulisan yang berisi laporan sistematis mengenai hasil kajian atau hasil penelitian yang disajikan bagi masyarakat ilmiah tertentu, yang merupakan audiens khusus dengan tujuan menyampaikan hasil kajian dan kontribusi penulis artikel kepada mereka untuk dipikirkan, dikaji kembali, dan diperdebatkan -baik secara lisan ataupun secara tertulis.

Secara umum, pola tulisan artikel ilmiah ada dua macam:

1. Pola IMRD Yaitu pola penulisan artikel ilmiah yang memiliki sub judul Introduction (Pendahuluan)



Donwnload tulisan selengkapnya Klik disini


Tulisan lain yang mungkin berguna :


  1. APA ITU ARTIKEL ?
  2. REVIEW DAN PENYUSUNAN KURIKULUM
  3. KETERLIBATAN SEMUA PIHAK DALAM REVIEW DAN PENGEMBANGAN KURIKULUM
  4. DEFENISI DAN PERAN EVALUASI KURIKULUM
  5. DASAR PENGEMBANGAN KURIKULUM



0 komentar:

Post a Comment

terimakasih atas komentar dan kunjungan anda.