Banjir Gresik Meluas, Jalur Pantura Hampir Putus


Banjir yang melanda Gresik Selatan meluas hingga kecamatan Duduk Sampeyan. Banjir akibat jebolnya beberapa tanggul kali Lamong pagi ini (27/3) masuk hingga ke Desa Ambeng-ambeng Watang Rejo di kecamatan Duduk Sampeyan. Sejumlah rumah telah dimasuki air hingga 20 cm.

Gresik adalah sebuah kabupaten di Jawa Timur yang berbatasan dengan Surabaya. Kabupaten yang terkenal dengan makanan khas nasi krawu dan pudak serta dikenal sebagai kota industri penghasil semen ini juga berbatasan dengan Mojokerto dan Lamongan di sebelah barat daya. Ketiga kabupaten ini dialiri sungai yang sama yaitu kali Lamong.

Selain menggenangi tambak hingga menjadi satu seperti perairan yang luas, air mengalir memotong jalan raya sepanjang 1,5 Km dari desa Ambeng-ambeng hingga Tebaloan. Aliran air yang tingginya mencapai 15 cm ini membuat lalu lintas jalur pantura macet panjang. Padahal biasanya di hari Ahad jam 6 pagi seperti ini lalu lintas cukup lancar.

Semula banjir Gresik ini hanya melanda wilayah Selatan. Akibat jebolnya tanggul Kali Lamong, jalan Cerme – Gresik terputus. Lima kecamatan dilanda banjir ini hingga sejumlah desa terisolasi. Sabtu (26/3) warga sejumlah desa sudah diungsikan.

Sebelumnya sempat diperkirakan banjir akan surut Jum’at (25/3) sore. Namun curah hujan tinggi yang mengguyur Gresik dan Mojokerto membuat banjir meluas hingga ke Duduk Sampeyan seperti sekarang. [AN/lgs]

0 komentar:

Post a Comment

terimakasih atas komentar dan kunjungan anda.