tips aman berkendara di jalan tol

Berikut ini adalah beberapa tips yang cukup penting diketahui supaya Anda tidak lagi memiliki rasa takut menyetir di jalan tol, serta bisa meningkatkan fokus Anda ketika di jalan tol:
  • Upayakan Selalu Melihat Jauh ke Depan Ketika di Jalan Tol Maksudnya, Anda harus mampu melihat lebih jauh ke depan, tak hanya melihat kendaraan yang berada persis di depan Anda. Anda akan mendapatkan perspektif yang lebih luas jika Anda mampu melihat lebih jauh ke depan dan memahami situasi lalu lintas pada waktu itu.- Jangan Hanya Mengandalkan Kaca Spion Anda
  • Upayakan untuk melihat secara cepat jika Anda hendak berganti jalur. Jangan hanya mengandalkan kaca spion karena titik buta (blind spots) bisa menyebabkan Anda tidak dapat melihat kendaraan di samping Anda. Ingat, upayakan melihat ke belakang dengan cepat (mungkin hanya satu detik), setelah itu Anda harus fokus kembali melihat ke depan.
  • Selalu Jaga Jarak Dengan Kendaraan di Sekitar Anda. Selalu jaga jarak kendaraan Anda dengan kendaraan lain tak hanya di depan, tapi juga di belakang dan samping mobil Anda. Selalu putar mata Anda untuk melihat keadaan sekitar, jika terlalu dekat dengan kendaraan lain, beri jarak.
  • Keluar Dari Jalan Tol. Selalu rencanakan sebelum Anda keluar jalan tol. Beri waktu dan jangan terburu-buru melakukan gerakan tiba-tiba untuk keluar dari jalan tol. Jika Anda masih berada di jalur cepat, perlahan pindahkan posisi Anda ke jalur yang lebih lambat dengan memperhatikan kondisi sekitar. Lakukan hal tersebut ketika kendaraan masih cukup jauh dengan pintu keluar tol tersebut. Jika terlewat, jangan panik dan keluarlah di pintu keluar berikutnya.
  • Selalu Upayakan Untuk Selalu Berada Pada Kecepatan Normal. Menjaga laju kendaraan pada level normal sangat penting dilakukan di jalan tol. Idealnya, upayakan kendaraan tetap berada pada kecepatan 60-75 km/jam ketika di jalan tol. Dengan kecepatan standar ini, Anda juga akan terbantu untuk tidak melewatkan pintu keluar tol jika Anda hendak keluar.
 sumber : Divisi Humas Mabes Polri

0 komentar:

Post a Comment

terimakasih atas komentar dan kunjungan anda.