Hatta Rajasa Terpopuler Dimedia Cetak

Menko Perekonomian, Hatta Rajasa 
(ANTARA) - Menko Perekonomian yang juga Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Hatta Rajasa menjadi tokoh politik yang terbanyak beritanya ditulis oleh koran-koran nasional pada periode 18 Oktober-18 Desember 2010.
Direktur Developing Countries Studies Centre (DCSC) Indonesia Zaenal A Budiyono dalam diskusi di Jakarta, Selasa, mengatakan analisis itu diambil dari total 1.185 artikel yang terkait sepuluh nama tokoh parpol di sepuluh koran nasional.
Dari jumlah tersebut, Hatta Rajasa ditempatkan oleh media dengan porsi terbanyak yakni 24,6 persen, disusul Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie 21,2 persen dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar 17 persen.
Sementara Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum muncul di peringkat empat. Sedangkan Megawati, Wiranto dan Prabowo yang bertarung di Pemilu 2009, berada di luar lima besar. Megawati di peringkat enam, Wiranto ketujuh dan Prabowo di peringkat delapan.
Zaenal menjelaskan analisis terhadap 10 tokoh partai politik ini dilakukan untuk melihat nama-nama tokoh yang dianggap mempunyai peluang maju dalam pencalonan presiden 2014.
"Meskipun pemilu masih jauh, namun tidak ada salahnya melihat peluang tokoh partai politik dari sekarang. Karena Pemilu adalah sebuah proses demokrasi yang tidak bisa terjadi secara instan. Sebab semua perlu proses yang cukup panjang. Dan mereka yang akan maju di dalam Pilpres 2014, tidak akan jauh dari 10 tokoh parpol tersebut," katanya.
Sedangkan kenapa hanya tokoh partai politik yang dilihat, Zaenal mengatakan ini mengacu pada UU Pemilu, dimana calon Presiden harus diajukan oleh partai politik yang memenuhi "electoral threshold".
Pada distribusi artikel di media, terkait 10 tokoh parpol, Hatta Rajasa unggul di Seputar Indonesia, Rakyat Merdeka, Republika, Media Indonesia dan Kompas. Sementara Aburizal Bakrie unggul di Indo Pos dan Suara Pembaruan.

0 komentar:

Post a Comment

terimakasih atas komentar dan kunjungan anda.